Selamat Datang :) !!!

selamat datang di blog saya,,,,
n terima kasih atas kunjungannya.
sebagai blogger saya harap anda mau meninggalkan pesan atau kritikan buat saya.
agar kedepannya saya bisa memperbaiki kesalahan pada blog saya.
terimah kasih.

Minggu, 04 Maret 2012

geography sumberdaya

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA    
ABSTRAK
oleh : Asriyani Asrul
Universitas Negeri Makassar

Pada era reformasi ini, perencananan dan pengembangan  sumber daya manusia perlu dilakukan secara profesional agar siap menghadapi  pasar bebas (pasar global) dengan tujuan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan perdagangan internasional.Oleh karena itu bangsa Indonesia yang memiliki budaya yang berlandaskan pada kekeluargaan perlu mengantisipasi dan mempersiapkan kondisi yang kondusif agar di era globalisasi mampu membangkitkan kembali perekonomian Indonesia.Dalam hubungannya dengan perencaan dan pengembangan SDM perlu dilandaskan pada pendekatan psikologis,pendekatan budaya dan agama.
a.Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia
Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja dapat diartikan sebagai suatu proses menentukan kebutuhan akan tenaga kerja berdasarkan peramalan pengembangan, pengimplementasian.dan pengendalian kebutuhan tersebut yang berintegrasi dengan perencanaan organisasi agar tercipta jumlah pegawai,penempatan pegawai yang tepat dan bermanfaat secara ekonomis.
b. Kepentingan Perencanaan Sumber Daya Manusia
Kepentingan dalam perencanaan sumber daya manusia berlaku bagi kepetingan  individu, kepentingan  organisasi, dan kepentingan nasional.
c.Komponen-komponen perencanaan sumber daya manusia
Terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam perencanaan sumber daya manusia yaitu tujuan,perencanaan organisasi,pengauditan sumber daya manusia dan peramalan sumber daya manusia.
  1. perencanaan organisasi
Perencaaan organisasi merupakan aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengadakan perubahan yang positif bagi perkembangan organisasi.Beberapa variable yang sangat penting dan berpengaruh dalam aktivitas perencanaan organisasi adalah ramalan bisnis ,perluasan dan pengembangan , rancangan dan perubahan struktur,falsafah manajemen, peranan pemerintah , serta produk dan kemampuan manusia.
·         Peramalan bisnis
Peramalan bisnis sangat berpengaruh dalam proses perencanaan organisasi.Peramalan bisnis ini menyangkut masalah keadaan  ekonomi secara umum.
·         Perluasan dan pengembangan usaha
Rencana dan perubahan struktur harus menjadi pemikiran dalam perencanaan organisasi.
·         Falsafah manajemen
Perubahan falsafah manajemen dapat mempengaruhi  perencanaan organisasi.
·         Peranan pemerintah
Perubahan kebijakan pemerintah dalam menentukan harga dasar, pajak, produk ekspor dapat mempengaruhi perencanaan organisasi.
·         Produksi dan kemampuan manusia
Pengembangan produk baru dengan menggunakan teknologi modern memerlukan kemampuan pegawai yang memadai.
   2. Pengauditan  sumber daya manusia
Pengauditn adalah suatu proses intensif, penyelidikan , penganalisisan , dan perbandingan informasi yang ada dengan norma standar yang berlaku .Dalam pengauditan sumber daya manusia , perlu diperhatikan aspek-aspek antara lain, kualitas kekuatan kerja , penetuan kualitas , daftar kemampuan(skill), turnover dan perubahan intern.
 3. Peramalan  sumber daya manusia
Peramalan sumber daya sangat mirip dengan pengauditan  sunber daya manusia.Perbedaannya, peramalan sumber daya manusia untuk  masa yang akan datang, sedangkan pengauditan lebih mengutamakan hal yang berhubungan dengan  keadaan sekarang ini .Di samping itu pula , peramalan lebih menitikberatkan pada penyesuain internal organisasi.
d.Sistem perencanaan sumber daya manusia
Ada dua kegiatan dalam system perencanaan sumber daya manusia , yaitu penyusunan anggaran tenaga kerja (manpower budgeting) , dan penyusunan program tenaga kerja ( man power programming)
1.      Penyusunan anggaran sumber daya manusia
Merupakan kegiatan memadukan jumlah tenaga kerja yang tersedia dengan jumlah tnaga kerja yang di butuhakan .Tujuannya untuk mendapat gambaran mengenai kebutuhan tenaga kerja ini di sebut pula dengan penyusunan formasi.Dalam penyusunan formasi perlu diperhatikan  dasar penyusunan, system penyusunan, analisis kebutuhan tenaga kerja , dan  anggaran yang tersedia .
2.Penyusunan program tenaga kerja
Merupakan kegiatan-kegiatan untuk mengisi formasi yang meliputi program pengadaan tenaga  kerja, promosi jabatan pegawai, pelatihan dan pengembangan  pegawai, pengembangan karier , program pemeliharan pegawai,dan program pemberhentian
pegawai .

e.Model perencanaan sumber daya manusia
Ada empat (4) model perencanaan sumber daya manusia  yaitu model perencanaan  sumber daya manusia menurut Andrew E.Sikula, model sosio ekonomi Battelle , model perencanaan sumber daya dari Vetter , model perencanaan sumber daya manusia dari R.Wayne Mondy dan Robert M.Noe dan model perencanaan SDM dari Wayne Cascio.

f. Pasar SDM sebagai dasar penetapan tujuan perencanaan SDM
Pasar SDM merupakan suatu area dimana para pencari kerja berinteraksi dengan penyedia lapangan kerja dan interaksi ini menentukan harga (gaji) tenaga kerja.Pada pasar SDM yang ketat , kebutuhan tenaga kerja melebihi dari suplai tenaga kerja sehingga harga (gaji) akan naik seiring dengan peningkatan kebutuhan tenaga kerja.
Ada beberapa factor penting dalam menetukan cakupan pasar SDM , yaitu daerah geografi  , pendidikan atau pengalaman /keahlian yang dipersyaratkan suatu  pekerjaan , jenis usaha, persyaratan izin /sertifikat dan keanggotaan serikat kerja . Perusahaan dapat  menetukan pasar SDM masing-masing  dengan memperhatikan  factor-faktor tersebut.
Analisis pasar SDM secara umum menjadi dasar dalam penetapan tujuan perencanaan SDM.Tujuan SDM  bisa berbeda satu dengan yang lainnya , tergantung pada  kondisi  lingkungan perusahaan, rencana-rencana  strategis maupun operasional, struktur pekerjaan , dan kecenderungan pegawai dalam bekerja Sistem informasi  pada perencanaan SDM
Sistem informasi perencanaan SDM merupakan sebuah metode organisasi untuk mengumpulkan, memelihara., menganalisa dan melaporkan informasi tenaga kerja dan pekerjaannya.Manajer perusahaan membutuhkan  data yang akurat , relevan dan terkini dalam membuat suatu keputusan . Informasi yang disajikan harus sesuai dengan kebutuhan mamajemen untuk mengambil keputusan  strategis maupun operasional.

g.Sistem Informasi Pada Perencanaan SDM
Sistem  informasi  perencanaan dapat dikembangkan pada  computer mikro (microcomputer), sehingga staf personalia dapat mengakses dengan mudah semua data pegawai yand sangat membantu dalam  mengatasi  permasalahan personalia .Salah satu kegunaan system informasi perencanaan SDM  adalah untuk  pengembangan inventaris SDM  untuk perencanaan SDM , system SDM terpadu mensyaratkan dua (2) jenis informasi sebelum rencana-rencana kerja dilaksanakan, yaitu :
·         Penilain atas pengetahuan , keahlian, kemampuan, pengalaman, dan aspirasi karir atas pegawai yang ada.
·         Prakiraan atas kebutuhan sumber daya manusia.
Kegunaan utama inventaris SDM harus ditetapkan di awal pengembangan konsep perencanaan SDM.Beberapa tujuan yang lazim  atas inventaris  manajemen, penugasan khusus ,rotasi kerja, training, rencana kompenisasi , perencanaan karir, maupun analisis organisasi.
Laporan SDM harus menyajikan informasi yang di anggap perlu saja  dalam membuat suatu keputusan manajemen .Laporan ini  terbagi atas tiga , yaitu :
a)      Laporan operasional  yang digunakan dalam manajemen harian.
b)      Laporan Peraturan yang diisyaratkan oleh pemerintah
c)      Laporan analisis yang digunakan untuk analisis riset/penelitian.

h.Prakiraan/ramalan sumber daya manusia
Fungsi prakiraan/ramalan SDM adalah untuk memprediksi  kebutuhan SDM  di masa mendatang . Prakiraan terbagi 2 yaitu, :
a)      Prakiraan suplai SDM eksternal  dan internal .
b)      Prakiraan kebutuhan SDM eksternal dan internal.

i.Prosedur kontrol dan evaluasi perencanaan SDM
prosedur kontrol dan evaluasi di butuhkan untuk memandu aktivitas  Perencanaan SDM , mengidentifikasi deviasi (perbedaan ) dari rencana semula  dan penyebab-penyebabnya.Target kualitatif dan kuantitatif membantu  proses kontrol  perencanaan SDM.Namun, target kualitatif  lebih mendorong proses kontrol dan evaluasi yang objektif dan dapat  mengukur tingkat deviasi  yang lebih tepat .Jenis control dan evaluasi yang di terapkan harus sesuai dengan tingkat kecanggihan dan proses perencanaan SDM.

j.Contoh-contoh kasus penerapan perencanaan SDM
Di bawah ini di kemukakan contoh-contoh kasus penerapan  perencanaan SDM yaitu, yaitu perusahaan  multinasional  AT & T di Amerika oleh Lawrence S. Kleiman dan Lapenkop Dekopin.
1.      Penerapan SDM di perusahaan  multinasional AT & T di Amerika.
a)      Permasalahan : pembuatan  rencana bisnis yang baru menimbulkan  kesulitan bagi staf posisi kepemimpinan .
b)      Solusi : Mengembangkan system komputerisasi  karier progres
c)      Sistem karir progres dalam meningkatkan keunggulan kompetitif.
Penggunaan system karir progress telah membantu perusahaan AT & T secara berkesinambungan memiliki kepemimpinan puncak.Sistem ini telah membantu perusahaan mengidentifikasikan  antara lain :
·         Keterampilan pemimpin yang diperlukan untuk beragam pekerjaan pada level atas.
·         Penempatan karyawan-karyawan yang berkualitas pada posisi tertentu.
·         Posisi-posisi yang tidak efisien pada pimpinan secara internal
·         Aktifitas yang diperlukan untukpengembangan seiap kandidat.
d)     Perencanaan SDM  sebagai keuggulan kompetitif
e)      Perencanaan strategic SDM
Suatu  organisasi harus menetukan keseluruhan tujuan yang akan di capai dan menentukan cara-cara yang digunakan untuk mencapainya.Oleh karena itu perlu adanya pereencanaan strategic SDM meliputi kegiatan :

1.      Menentukan misi organisasi
2.      Mengidentifikasi lingkungan organisasi
3.      Merancang tujuan strategic
4.      Merumuskan perencanaan strategic

f)  Perencanaan SDM di perusahaan AT & T
Perencanaan SDM-nya dilakukan dalam jangka panjang dan jangka pendek , mencakup kegiatan :
1.      Peramalan permintaan SDM
2.      Perkiraan penjualan
3.      Peramalan persediaan SDM
4.      Perkiraan kebutuhan sdm masa mendatang
g)      Sistem informasi SDM
Sistem informasi SDM di perusahaan AT & T mengungkap informasi tentang data profil karyawan dan pekerjaan.File profil karyawan memberikan informasi kualifikasi dan klasifikasi karyawan ,riwayat mulai bekerja, penghasilan ,pendidikan, kinerja, dan kondite, sedangkan file pekerjaan berisikan informasi daftar,jumlah dan tipe pekerjaan serta kualifikasi persyaratan yang ditunyut setiap jabatan.
h)      Pengembangan dan penerapan perencanaan SDM
i)  EvaluasiPerencanaan SDM

KESIMPULAN
1.      Perencanaan SDM adalah suatu proses menentukan kebutuhan akan tenaga kerja berdasarkan peramalan pengembangan, pengimplementasian dan pengendalian kebutuhan yang berintegrasi dengan perencanaan organisasi agar tercipta jumlah pegawai,penempatan pegawai yang tepat dan bermanfaat secara ekonomis.
2.      Kepentingan perencanaan SDM  berlaku bagi individu, organisasi, dan nasional.
3.      Komponen yang perlu diperhatikan dalam  perencanaan SDM  yaitu tujuan, perencanaan organisasi, pengauditan SDMdan peramalan SDM.
4.      Kegiatan yang dilakukan dalam system perencanaan SDM yaitu penyusunan anggaran tenaga kerja dan penyusunan program tenaga kerja.
5.      Model perencanaan SDM terdiri atas 4 (empat ) yaitu SDM menurut Andrew E. Sikula, model sosio ekonomi Battelle , model perencanaan sumber daya manusia dari Vetter, model perencanaan sumber daya dari R.Wayne Mondy dan Robert M.Noe dan model perencanaan SDM  dari Wayne Cascio.
6.      Pasar SDM merupoakan dasar penetapan tujuan perencanaan SDM  karena perusahaan SDM memeberikan keistimewaan pada pegawai internal dalam berbagai hal.
7.      Sidtem informasi perencanaan SDM adalah sebuah metode untuk mengumpulkan,  memelihara, menganalisa dan melaporkan informasi tenaga kerja dan pekerjaannya.
8.      Ramalan/prakiraan SDM berfungsi  untuk memprediksi kebutuhan SDM di masa mendatang.
9.      Prosedur  dan evaluasi perencanaan SDM  bertujuan agar SDM mampu beradaptasi mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi.
10.  Dengan menerapkan perencanaan  SDM maka problem  yang di hadapi oleh SDM dapat diselesaikan dengan langkah-langkah yang sistematis.


DAFTAR PUSTAKA

Anwar Prabu Mangkunegara.2003.Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.Bandung:Refika Aditama















Tidak ada komentar:

Posting Komentar